Sabtu, 27 Juli 2013

Pembesar Buah dengan Pupuk

pembesar
Pembesar : Menanam tanaman buah - buahan saat ini semakin mudah, tidak harus mempunyai lahan luas untuk medianya tetapi bisa ditanam dalam pot atau yang dikenal dengan nama tambula pot adalah tanaman buah dalam pot. Tetapi terkadang tanaman buah yang kita tanam tidak kunjung berbuah padahal umurnya sudah cukup untuk produksi.


Apakah pupuk pembesar buah yang diberikan salah atau cara awal menanam ada kesalahan?


Cara menanam tambulapot : Persiapan Media Tanam

  • Letakan beberapa pecahan batu merah (sebagai pengikat air) di dasar pot
  • Isi pot dengan campuran tanah yang ideal untuk tiap-tiap jenis
  • Campuran umum;

pasir 1/3 bagian, tanah 1/3 bagian, 1/3 bagian pupuk kandang
  • Campuran untuk jenis suka kering;

pasir ½ bagian, 1/2 bagian pupuk kandang
  • Campuran untuk jenis suka lembab
tanah ½ bagian, 1/2 bagian pupuk kandang
  • Media siap untuk ditanami.

Selain pupuk pembesar buah yang dijual dipasaran, ada cara alami yang mulai dikembangkan oleh petani buah yakni dengan inovasinya Nutrisi Buah. Nutrisi buah adalah nutrisi yang diberikan untuk tanaman saat akan berbuah. Tanaman apapun bisa, termasuk padi. Nutrisi ini dibuat dari sari buah. Buah yang digunakan bisa apapun, kecuali jeruk. Nutrisi buah jeruk hanya untuk tanaman jeruk.

Cara membuat nutrisi pembesar buah cukup mudah. Sari buah sebanyak satu liter ditambah gula merah sebanyak 3 sendok makan. Campuran ini kemudian ditutup rapat, dan didiamkan atau menunggu terfermentasi hingga satu minggu. Kemudian saat akan disemprot ke tanaman, cairan yang telah difermentasi tersebut ditambah kuning telur ayam kampung.

Aplikasi nutrisi pembesar ini tidak banyak. Cukup sebanyak 200cc nutrisi untuk 15 liter air.


Dan bisa memilih buah yang murah dan tidak terlalu laku dipasaran seperti nanas atau sawo. Menurut wikipedia, nanas banyak mengandung fosfor (P) yang baik untuk pertumbuhan bunga atau buah pada tanaman. Selain itu nanas juga mengandung kalium (K) dan kalsium dua jenis nutrisi yang juga dibutuhkan tanaman. Sedangkan Sawo mengandung beragam nutrisi dan karbohidrat yang baik untuk tanaman dan pertumbuhan mikroorganisme baik. Silakan mencoba dengan nutrisi alami atau menggunakan pupuk pembesar buah yang banyak dijual dipasaran.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar